Hi, guest ! welcome to BLOGGERTERMS.COM. | About Us | Contact | Register | Sign In
Categorie : Blogger | Seo | Tutorial | Tips | Business | Google | Widget | Facebook

Sunday, December 2, 2012

Penulisan Artikel Yang Baik dan Benar di Blog

Sebagai Seorang Penulis yang mampuni, tentu kita selalu memperhatikan tentang pembahasan satu persoalan atau materi yang akan kita rangkum menjadi satu tulisan atau artikel yang benar-benar dapat dikontrubusikan kepada seluruh pembaca. Banyak sekarang penulis yang kurang memperhatikan bagaimana sebenarnya cara menulis sebuah artikel yang baik dan benar sehingga setiap orang yang membacanya mengerti dan memahami makna dan maksud dari tulisan artikel tersebut. Berikut ini Tata Cara Penulisan Artikel Yang paling Penting dalam sebuah karya tulis sehingga dapat dipublikasikan kepada kalayak umum :
1. Jangan Menulis sebuah Artikel yang bersifat negatif sehingga menimbulkan provokasi.
2. Jangan Menuliskan kalimat-kalimat kasar yang dapat menyinggung perasaan orang lain terutama para pembaca.
3. Gunakanlah Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)
4. Jangan Membuat Tulisan Yang Mengandung atau menyinggung Persoalan Sara yang dapat menyebabkan pertikaian.
5. Buatlah Tulisan dengan Karya Sendiri.
6. Menulis Sebuah Artikel sebaiknya menceritakan hal yang sebenarnya (Fakta)
7. Tulisan sebaiknya benar-benar sebuah informasi yang berguna bagi pembaca.

Membuat satu Tulisan Artikel di sebuah Blog tentunya kita juga harus memahami terlebih dahulu tentang permasalahan atau persoalan yang akan kita tuliskan sehingga dapat dimengerti maksud dan tujuan yang sedang dibahas dalam tulisan artikel tersebut. Penulisan artikel yang baik sesuai dengan tata cara kesopanan dalam penggunaan internet harus kita terapkan pada artikel-artikel yang akan kita muat dan publiskan melalui Blog. untuk itu, sebelum kita memulai menulis artikel, ada baiknya jika kita memahami terlebih dahulu bagai mana tata cara penulisan artikel yang baik dan benar dimata pembaca, sehingga membuat pembaca selalu tertarik ingin selalu membaca hasil tulisan anda.

Berikut ini Tips dan Cara Menulis Artikel yang baik dan benar :

1. Dapat memberi inspirasi
Buatlah suatu karya tulis yang isinya menarik dan memberikan suatu inspirasi untuk kepentingan umum, mungkin dengan adanya inspirasi dari kita akan membuat suatu perubahan yang lebih baiik ke depannya. Hal ini akan membuat si pembaca merasa terkesan dan juga akan memberikan dampak yang positif bagi orang lain yang membacanya.
2. Harus sesuai Etika dan Kesopanan
Penulisan terhadap suatu artikel haruslah sesuai dengan norma-norma kesopanan, karena dengan memperhatikan hal ini maka tentu akan banyak pembaca yang nantinya akan menyukai isi dari buah tulisan kita yang melakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan cara mengkritik ataupun memberi saran ke blog ataupun website kita.
3. Memberi manfaat bagi Pembaca
Untuk membuat artikel atau karya tulis yang baik selain memuat bahasa dan tata cara yang baik juga haruslah dapat memberikan suatu manfaat bagi si pembaca. Hal ini dapat berupa sebuah solusi atau saran bagi pembaca yang bertanya ataupun bagi yang kurang mengerti dari tulisan kita. Bila semua aspek itu telah kita miliki dalam penulisan karya tulis, maka bukan tidak mungkin karya kita akan diberikan applause dari pembaca dan tentunya karya tulis kita akan menjadi terkenal.
4. Mudah di Mengerti dan di Pahami
Disini kita tentunya harus berusaha sebaik mungkin agar bahasa yang digunakan dalam tulisan mudah di mengerti oleh para pembaca Artikel Blog tersebut. Oleh sebab itu, jangan menuliskan bahasa yang sulit dipahami dan dimengerti. Hal tersebut dapat mengurangi daya tarik dan minat dari pembaca yang mengunjungi website kita.
5. Jangan mencheat karya tulisan orang lain
Mencheat atau biasa yang kita sebut dengan copy paste merupakan sesuatu hal yang curang yaiu dengan cara mengotak-atik karya tulis orang lain kemudian memindahkan ke karya tulis kita sendiri. Hal ini jelas tidak diperbolehkan, selain disebut sebagai plagiat juga sangat merugikan orang lain. Perbuatan ini harus dijadikan kasus yang serius karena bila dibiarkan akan terus menjamur dan akan memberi dampak yang negative bagi pelajar. Oleh karena itu, hapuskan budaya buruk mencontek bangsa kita dan berusahalah untuk membuat karya tulis sendiri serta mulailah untuk menghargai karya orang laina di internet.
6. Tulisan Artikel Yang Menarik.
Menulis artikel di halaman Blog merupakan suatu ide dan pemikiran dari kita sendiri, tentunya tidak akan sama dengan karya orang lain. Hasil karya tulisan atau artikel kita akan semakin baik apabila ada yang mengomentari tulisan kita, karena dengan semakin banyak orang berkomentar maka tentunya tulisan kita juga akan semakin terkenal. Oleh sebab itu, jangan terlalu kaku dalam membuat suatu karya tulis, dan juga berusaha unuk menampilkan suatu tampilan yang menarik sehingga orang lain akan terlihat terhibur dan tertarik ketika membaca tulisan kita.

Dengan menerapkan Tata cara Penulisan Artikel Yang Baik dan Benar diatas, Pastinya Para pembaca tidak akan pernah bosan untuk selalu berkunjung dan melihat perkembangan update dari tulisan artikel-artikel yang anda muat didalam Blog anda.
Share this article now on :

+ comments + 8 comments

December 2, 2012 at 3:58 PM

benar juga kalau menulis sesuatu yang mengundang kontroversi bisa jadi blog kita banyak dibenci pengunjung
terima kasih atas penjelasannya, snagat bermanfaat

Terimakasih Jefry atas Komentarnya di Penulisan Artikel Yang Baik dan Benar di Blog
December 4, 2012 at 8:31 PM

Terima kasih banyak gan atas infonya.
lanjutkan trus ya kwan

Terimakasih Obat Herbal Penyakit Parkinson atas Komentarnya di Penulisan Artikel Yang Baik dan Benar di Blog
December 11, 2012 at 9:29 AM

Thanks sharingnya, gan!
Salam kenal...Kalau berkenan mau ngundang untuk ikutan gabung dengan teman-teman lain yang sudah SUBMIT URL BLOG-nya ke Direktori Weblog Indonesia :)

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Penulisan Artikel Yang Baik dan Benar di Blog
December 22, 2012 at 1:12 AM

infonya cukup bermanfaat banget bagi saya

Terimakasih Obat Penyakit Kanker Usus atas Komentarnya di Penulisan Artikel Yang Baik dan Benar di Blog
January 16, 2013 at 6:31 AM

trims ya... makasih banyak...

Terimakasih Ace Maxs atas Komentarnya di Penulisan Artikel Yang Baik dan Benar di Blog
January 23, 2013 at 8:38 PM

memang tak semua artikel di bloger tulisan dan bahasanya baik semua. kalau tulisan artikel tidak baik apakah akan mempengaruhi kulitas blog ?

Terimakasih Cara Mengatasi Asam Lambung atas Komentarnya di Penulisan Artikel Yang Baik dan Benar di Blog
February 24, 2013 at 6:04 AM

luar biasa apa yang telah di tulis dalam artikel,, benar-benar menambah pengetahuan dan menambah inshirasi kepada pembaca,, terima kasih,,,

salam : SMK DARUNNAJAH Pabuaran ( www.nurul-ilmi.com )

Terimakasih fathul khaer atas Komentarnya di Penulisan Artikel Yang Baik dan Benar di Blog

nice info kaka

mampir di blogku juga ya kaka
follow back blogku

aku tunggu kaka :)

Terimakasih Cara Mudah Deface Website dengan Webdav atas Komentarnya di Penulisan Artikel Yang Baik dan Benar di Blog

Post a Comment